Informasi Perjalanan Umroh

Wednesday, November 27, 2013

Mengapa Umroh Disarankan Bagi Umat Muslim

  1. Mengapa kita disarankan untuk melakukan ibadah umroh di tanah suci?
  2. Mengapa umat islam melakukan perjalanan umroh untuk beribadah di Masjidil Haram, mengelilingi ka'bah dan juga di Kota Madinah
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, mari kita mengenal pengertian ibadah Umroh (Umrah) dari berbagai sisi informasi dan pengetahuan termasuk dalil dalam al quran dan al hadits. Umroh adalah salah satu ibadah di dalam agama Islam yang dilaksanakan di tanah suci Mekkah dan Madinah, di negara Saudi Arabia. Di dalamnya kita melakukan beberapa kegiatan ibadah Umroh secara khusus, yaitu: ibadah Ihram, ibadah Tawaf, ibadah Sa'i dan ibadah Tahalul.

Labbaika Ya Allah...

Segala puja dan puji hanya milik Allah Subhannahu wa Ta'ala , Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam , yakni Nabi kita Muhammad SWT beserta keluarga dan para Sahabat beliau serta orang-orang yang senantiasa mengikuti mereka dengan baik sampai hari Kiamat. 

Mengapa Umroh Disarankan Bagi Umat Muslim
Info Travel Umroh: Hubungi 081909461571, 081210133571

Menurut pendapat yang lebih nyata dari Imam asy-Syafi'i, Rahimahullahu Ta'ala; yang didasarkan pada al-Kitab dan as-Sunnah: Di dalam al-Kitab, Allah Ta'ala berfirman pada Surat al-Baqarah 2:196:

 وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ ٠ 

Artinya: “Sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. " 

Maksudnya, tunaikanlah keduanya secara sempurna. Sedang menurut as-Sunnah, dinyatakan oleh Nabi SAW, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Majah, al-Baihaqi dan lainnya dengan isnad-isnad shahih, dari 'Aisyah RA, dia berkata:

 قُلْتُ يَا رَسُوْلُ اﷲِ ׃هَلْ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ ؟ قَالَ׃ نَعَمْ ׃ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيْهِ ׃ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةُ ٠ 

 Artinya: "Pernah aku bertanya: "Ya Rasul Allah, apakah kaum wanita wajib melakukan perjuangan?" "Ya", jawab Rasul, "perjuangan tanpa perang, yaitu melakukan haji dan umrah."


Mari kita ulas secara detail kegiatan-kegiatan umroh yang wajib dilakukan, maupun yang sunnah.

1. Ibadah Ihram artinya kegiatan ibadah yang cara pelaksanaannya dengan memakai pakaian ihram (kain berwarna putih).  Mengucapkan niat untuk melakukan ibadah Umroh di suatu tempat yang disebut Miqat, tempat yang telah ditentukan. Miqat tergantung dari mana jamaah berasal. Untuk jamaah Umroh dari Indonesia, Miqatnya berlokasi di Bir Ali.

2. Ibadah Tawaf artinya melakukan ibadah dengan mengelilingi Ka'bah di masjidil haram sebanyak 7 kali disertai dengan membaca do'a dan puji-pujian kepada Allah SWT.

3. Ibadah Sa'i artinya melakukan ibadah dengan berlari-lari kecil dan berjalan dari bukit Syafa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali, kegiatan ini mengambil syariahd ari Siti Hajar (ibunda Nabi Ismail yang menyusuri bukit Syafa dan bukit Marwah ketika dulu nabi Ismail masih kecil, tidak ada air di daerah tersebut dan akhirnya ketika beliau (siti Hajar) kelelahan dan terhenti di suatu tempat, atas kuasa Allah ada mata air yang keluar dari kaki nabi Ismail yang sekarang dikenal sebagai air penyembuh yang manjur yaitu air Zam-Zam).

4. Ibadah Tahalul artinya dengan memotong sebagian rambut atau keseluruhan (botak) sebagai pertanda bahwa telah berakhir semua prosesi kegiatan ibadah Umroh.

No comments:

Post a Comment